Kanker Indung Telur

Indung telur (Ovarium) adalah organ tempat dihasilkannya sel telur serta hormon reproduksi, seperti esterogen dan progesterogen. Menurut hasil penelitian, kanker ovarium bisa merupakan hasil penyebaran dari kanker organ lan, seperti kanker payudara dan kanker usus besar. Berbagai studi menyimpulkan, penyebab kanker ovarium antara lain :

  • Faktor genetik
  • Faktor usia. Umumnya penyakit ini menyerang wanita usia >50 tahun.
  • Wanita yang tidak memiliki anak, karena adanya ketidakseimbangan sistem hormonal.
  • Wanita yang melahirkan anak pertama di usia > 35 tahun.
  • Terjadi mutasi gen BRCA1 atau BRCA2, gen penyebab kanker ovarium.

Kanker ovarium sulit dideteksi pada stadium awal. Gejala umumnya berupa sakit diperut disertai pembesaran perut akibat penumpukkan cairan di rongga perut, gangguan sistem pencernaan seperti susah BAB, mual dan hilang nafsu makan, gangguan sistem urin, rasa sakit pada rongga perut dan panggul, haid tidak teratur, sering merasa lelah, keluar lendir dari vagina, nyeri saat berhubungan intim, penurunan berat badan, dan gejala lainnya. Diagnosa dilakukan dengan pemeriksaan panggil, disarankan dilakukan 1-3 tahun sekali pad ausia 18-40 tahun dan setiap tahun setelah usia 40 tahun.

 


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Ovarium and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.